Manchester United vs Crystal Palace: Peluang empat besar lebih lebar

Agung Putu Iskandar
Manchester United vs Crystal Palace: Peluang empat besar lebih lebar
Saat yang menentukan untuk memperbaiki peringkat. Tapi, tim sedang lesu darah.

JAKARTA, Indonesia – Upaya Manchester United untuk merangsek ke empat besar mulai terbuka. Arsenal di posisi keempat ditahan seri Crystal Palace 1-1 pekan lalu. Skor yang sama juga dialami Manchester City melawan Newcastle, Rabu, 20 April.

Peluang United untuk mendekatkan jarak terbuka lebar saat mereka menjamu Palace pada Kamis, 21 April, pukul 02.00 WIB. Selisih 4 angka atas Arsenal dan 5 angka atas City bisa diperpendek jika mereka menang atas tim tamu.

Namun, United juga harus mewaspadai performa pasukan Alan Pardew tersebut. Pekan lalu mereka mampu membuat Arsenal mati kutu. Per Mertesacker dan kawan-kawan tak bisa meraih poin maksimal. Padahal, mereka bermain di kandang.

Itu menunjukkan bahwa The Eagles—julukan Crystal Palace—tidak terpengaruh dengan lokasi pertandingan. Justru semangat bertanding mereka sedang tinggi karena ingin terus mengamankan posisinya dari kejaran zona degradasi.

“Pertandingan kami tinggal empat lagi. Kami harus terus fokus,” kata Pardew seperti dikutip BBC.

Masalahnya, rekor klub London itu terhadap United cukup buruk. Dalam 13 laga di Liga Primer, hanya tiga kali pertandingan berakhir imbang. Sisanya, United meraih kemenangan.

Manajer United Louis van Gaal juga bakal menyambut kembali beberapa pemain yang tak dimainkan saat meladeni Aston Villa, yakni Anthony Martial dan Jesse Lingard.

Namun, Van Gaal harus mampu membagi konsentrasi timnya. Sebab, Sabtu pekan ini mereka harus menghadapi Everton di ajang Piala FA.

Memang, beberapa kali meneer 64 tahun itu mengatakan bahwa fokus mereka adalah Liga Primer. Namun, justru peluang terbesar mereka untuk meraih piala adalah di Piala FA. Satu piala bakal membuat Van Gaal terlihat “tidak terlalu gagal” di Old Trafford.

Setan Merah sedang frustrasi

Perkiraan formasi Manchester United vs Crystal Palace. Sumber: Whoscored.com

Beban yang diemban tim berjuluk Setan Merah itu tidak gampang. Wayne Rooney dan kawan-kawan dalam tiga laga terakhir terlihat kehilangan energi. Mereka juga tidak banyak kreativitas.

Dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur, misalnya. United hanya mengandalkan umpan-umpan dari lini belakang langsung ke depan. Skema biasanya yang menyerang dari sayap pun kerap buntu.

Itu belum termasuk penempatan beberapa pemain yang salah posisi.

Melawan Aston Villa yang merupakan klub juru kunci saja mereka menang tak meyakinkan. Hanya 1-0. “Kami juga bingung dengan kondisi saat ini. Ada rasa frustrasi terhadap tim ini,” kata Van Gaal.

Jika kondisi itu tak segera diatasi, bukan tidak mungkin mental United bakal terus limbung. Dan Crystal Palace bisa kembali membuat tim besar tak bisa meraih kemenangan.

Apalagi, Pardew bukan tipe pelatih yang gemar bongkar pasang. Para pemain yang sukses menahan Arsenal bakal kembali dimainkan.

“Saya percaya dalam situasi seperti saat ini sangat berbahaya untuk mencoba-coba. Kami yakin dengan pemain utama yang ada,” kata mantan manajer Newcastle United itu.—Rappler.com

BACA JUGA:

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.