Indonesia wRap: 1 Juli 2015

Rappler.com
Indonesia wRap: 1 Juli 2015
Indonesia berduka karena gugurnya puluhan staf TNI dan warga dalam kecelakaan pesawat Hercules di Medan.

JAKARTA, Indonesia — Duka karena jatuhnya pesawat Hercules di Medan menjadi berita utama media di Indonesia pada Selasa, 30 Juni. Berita penting lainnya terkait kontroversi seputar pencalonan mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso sebagai Kepala BIN dan mulai berlakunya batas baru penghasilan tidak kena pajak (PTKP) pada 1 Juli. 

Di Jakarta, Ahok meluncurkan portal data pemerintah untuk mendukung keterbukaan informasi. Dari manca negara, Justin Bieber berkolaborasi dengan duo Jack Ü dalam lagu “Where Are Ü Now”. Video klipnya sudah tersedia

Setidaknya 49 korban jatuhnya pesawat Hercules di Medan ditemukan meninggal

Kepala Staff Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan sudah 49 jenazah ditemukan dari total 113 penumpang yang terdaftar dalam manifest pesawat Hercules yang jatuh di Medan, Selasa, 30 Juni.

“Sudah 49 penumpang ditemukan,” kata Agus dalam wawancara dengan Metro TV. “Jumlah penumpang dalam manifest 101. Jadi total 113 termasuk kru.”

Agus mengatakan tidak ada penumpang yang selamat. Informasi lebih jauh terkait kecelakaan ini ada di Rappler.com

Mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso lolos fit and proper test DPR untuk jadi Kepala BIN

Calon Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso bersiap menjalani uji kelayakan dan kepatutan di hadapan Komisi I DPR RI, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 30 Juni. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Langkah mantan Pangdam Jaya dan mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso untuk mendapatkan posisi sebagai Kepala BIN semakin mulus. Pada Selasa, 30 Juni, Komisi I secara bulat menyetujui dan mendukung pencalonan inisiator TransJakarta ini sebagai Kepala BIN. 

“Komisi I DPR memutuskan menerima dan mendukung Letjen (Purn) Sutiyoso yang diajukan Presiden sebagai calon kepala BIN dan pertimbangan Komisi I akan segera kami laporkan ke pimpinan DPR untuk dibawa ke forum paripurna untuk ditetapkan. Keputusan komisi I jadi keputusan DPR,” kata Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq, seperti dikutip media.

Namun demikian, pencalonannya masih terganjal status hukumnya yang masih belum jelas terkait penyerangan ke markas Partai Demokrasi Indonesia pada 27 Juli 1996. Berita terkait persetujuan DPR bisa di baca di sini, sementara terkait kasus hukumnya ada di sini

Mulai hari ini, penghasilan di bawah Rp36 juta per tahun tak kena pajak

Mata uang berbagai negara Asia di bawah sebuah kalkulator. Foto oleh David Chang/EPA

Per 1 Juli 2015, pemerintah mulai memberlakukan aturan baru terkait pendapatan tak kena pajak. Dari sebelumnya Rp 24 juta per tahun, batas pendapatan tak kena pajak jadi Rp36 juta per tahun. Aturan ini disetujui DPR pada 25 Juni. 

“Per 1 Juli 2015 nanti, perusahaan akan motong gaji karyawannya dengan disesuaikan yaitu sesuai PTKP yang baru,” kata Dirjen Pajak Sigit Priadi.

Ada 3 pertimbangan pemerintah dalam menaikan PTKP, yakni karena perlambatan ekonomi, untuk menaikan daya beli masyarakat dan menyesuaikan dengan kenaikan upah minimum. Baca beritanya di sini dan analisisnya di sini

Ahok luncurkan portal data Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama. Foto oleh Adek Berry/AFP

Gubernur Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama meluncurkan portal data terbuka Pemerintah Jakarta: data.jakarta.go.id.

“Saya mikir negara maju sama kita itu sama saja. Yang membedakan itu cuma satu, kita kalah soal keterbukaan informasi. Makanya, kami resmikan portal open data regional Jakarta,” ujar Ahok dalam acara peresmian portal tersebut. 

“Semua data yang kita punya malah diumpetin padahal berguna untuk perkembangan kota dan masyarakat. Kalaupun dipunya, gak dibaca. Bener-bener gak becus itu ngatur data.”

Baca berita selengkapnya di sini

Justin Bieber, Jack Ü luncurkan video “Where Are Ü Now”

 Screengrab from YouTube

Justin Bieber berkolaborasi dengan duo Jack Ü dalam sebuah lagu berjudul “Where Are Ü Now” —dan sekarang video klipnya sudah tersedia untukmu! Jack Ü adalah duo yang terdiri dari DJ dan produser Skrillex dan Diplo.  

“Kami sangat kewalahan, dalam artian positif, dengan kesuksesan “Where Are Ü Now” dengan Justin Bieber. Dengan video ini, kami hanya ingin membawa (lagu itu) kembali ke awal rekaman dan membuat sebuah lagu pujian untuk fans kami,” tulis Jack Ü dalam deskripsi video. Videonya bisa ditonton di Rappler.com.  

Dapatkan wRap di emailmu

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.