Dari pidato Jokowi di COP 21 hingga Hari AIDS Sedunia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dari pidato Jokowi di COP 21 hingga Hari AIDS Sedunia
Indonesia wRap 1 Desember 2015: Pidato Jokowi di COP KTT Perubahan Iklim, Hari AIDS Sedunia, hingga warga jamu terlarang

JAKARTA, Indonesia — Indonesia memiliki peran penting di Konferensi Perubahan Iklim di Paris, warga Papua peringati 1 Desember di Bundaran HI, dan peringatan Hari AIDS Sedunia.

Pidato Jokowi di KTT Perubahan Iklim COP 21 

Presiden Joko “Jokowi” Widodo memimpin langsung delegasi Indonesia di Konferensi Perubahan Iklim, atau Conference of Parties (COP) 21, di Paris, Perancis, yang dimulai pada Senin, 30 November.

Dalam kesempatan ini, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon 29 persen, demi mencapai tujuan bersama, yakni menghentikan suhu pemanasan bumi agar tidak melebihi 2 derajat Celsius.

Segala hal yang perlu kamu ketahui perihal delegasi Indonesia di COP 21 dapat dibaca di sini. 

Ratusan warga Papua akan peringati 1 Desember di Bundaran HI, Jakarta

Warga Papua akan menggelar aksi damai di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa, 1 Desember, untuk menyatakan ekspresi identitas mereka. Sebagian warga Papua menganggap hari kemerdekaan Papua jatuh setiap 1 Desember. 

Ratusan mahasiswa Papua se-pulau Jawa dan Bali akan berkumpul di Jakarta untuk memperingati hari tersebut. Namun sejumlah kasus terjadi di Tanah Air, jika warga Papua mengibarkan bendera Bintang Kejora, akan ditangkap oleh aparat keamanan dan terancam hukuman penjara.

Bahaya 54 jamu dan obat yang dicampur bahan kimia

JAMU BERBAHAYA. Sejumlah produk obat tradisional yang mengandung bahan kimia, 30 November 2015. Foto oleh Irham/Rappler.com

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sedikitnya 54 produk jamu atau obat tradisional mengandung bahan kimia beredar di pasaran. Dari jumlah itu, 47 produk di antaranya tak memiliki izin edar alias ilegal.  

Sebagian besar obat tradisional tersebut adalah jamu asam urat, pelangsing tubuh dan obat kuat. Produk obat tradisional itu dicampur dengan zat penghilang rasa sakit dan antirematik seperti Parasetamol dan Fenilbutazon.

Daftar lengkap produk obat tradisional mengandung bahan kimia obat dapat dilihat di sini:

Balap liar Lamborghini tewaskan satu orang

UGAL-UGALAN. Sebuah mobil Lamborghini menabrak gerobak penjual STMJ di kawasan Jalan Manyar, Surabaya, dan mengakibatkan satu orang meninggal. Foto oleh Didik Suhartono/ANTARA

Sebuah mobil mewah Lamborghini rusak parah setelah menabrak sebuah warung asongan di Jalan Manyar, Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 29 November. 

Senin, 30 November, Berdasarkan hasil olah TKP sementara, mobil yang dikemudikan Wiyang Lautner (24)  itu kehilangan kendali, kemudian menabrak pedagang susu telor madu jahe (STMJ) dan baru terhenti usai menghantam pohon. Selengkapya di sini. 

Hari AIDS sedunia 

Hari ini, Selasa, 1 Desember, diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia untuk menumbuhkan kesadaran terhadap penyakit AIDs yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Blogger Rappler, Amahl Azwar, menuliskan perjuangan yang harus ia lalui sebagai ODHA, atau orang dengan HIV/AIDS, dan bagaimana ia mencari sinyal positif dalam kehidupannya. Tulisan Amahl dapat dibaca di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!