Kapal ikan 8 silinder terbalik, satu ABK hilang di Kalbar

S Ilham A

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kapal ikan 8 silinder terbalik, satu ABK hilang di Kalbar
Upaya pencarian dihentikan sementara karena cuaca yang kurang mendukung

 

PONTIANAK, Indonesia —Satu lagi kecelakaan laut mendera Indonesia. Sebuah kapal ikan 8 silinder yang membawa 13 anak buah kapal terbalik di muara Sungai Kapuas di Jungkat, Mempawah, sekitar satu jam naik mobil sebelah utara Pontianak, Kalimantan Barat, pada Jumat pagi, 18 Maret.

Menurut Brigjen M. Hari, Komandan Lantamal XII Pontianak, sampai Jumat sore, satu ABK atas nama Wawan alias Soleh, 22 tahun, asal Tegal, Jawa Tengah masih belum ditemukan.  

“Saya sudah perintahkan Tim SAR Lantamal untuk membantu evakuasi di lokasi kejadian,” kata Hari kepada Rappler.

Usaha pencarian dipimpin oleh Wakil Komandan Lantamal Kol. Andi Rukman dan dibantu Tim SAR gabungan yang terdiri dari Polair Polda Kalbar dan KPLP Pontianak, serta Basarnas Kota Pontianak. 

“Tidak hanya itu, agar lebih mengefektifkan pencarian kita juga mengerahkan unsur-unsur antara lain, Satkamla, KAL Sambas, Sea Raider, Swam Boat, personil Lantamal XII, Sekoci serta speed boat dengan personil medis serta tim penyelam,” ujarnya.

Menurut Hari, kapal bernama KM Muara Jaya GT 23 ini berangkat dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Nipah Kuning menuju ke laut. Di perairan Muara Jungkat, kapal ini tiba-tiba miring ke kanan dan terbalik. 

Sebuah tugboat, Samudra Sindo 11, sempat membantu dengan memberikan tali kepada ABK untuk diikat guna mencegah kapal tenggelam. Tetapi karena arus sungai sangat kencang, KM Muara Jaya tidak bisa diselamatkan.

“Diperkiraan tiang kapal sudah menancap ke dasar sungai Kapuas dan satu orang ABK yang berada dalam kapal belum ditemukan dari awal pencarian hingga saat ini,” kata Hari.

Karena cuaca yang kurang mendukung, pihak Angkatan Laut terpaksa menghentikan pencarian Jumat sore dan akan dimulai lagi hari Sabtu, 19 Maret.

Pada 4 Maret lalu, sebuah kapal motor penumpang tenggelam di Selat Bali dan menewaskan 5 orang penumpang dan awak kapal. – Rappler.com

 BACA JUGA:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI
Download the Rappler App!