Philippine basketball

Dana santunan untuk korban jatuhnya crane di Masjidil Haram segera cair

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dana santunan untuk korban jatuhnya crane di Masjidil Haram segera cair

EPA

Korban meninggal akan menerima santunan sebesar Rp3,5 miliar

JAKARTA, Indonesia — Dana santunan bagi jamaah haji Indonesia yang menjadi korban dalam jatuhnya crane di Komplek Masjidil Haram pada musim haji 2015 akan segera dicairkan Pemerintah Arab Saudi. Uang santunan segera dikirim. 

Kepastian cairnya dana santunan ini disampaikan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegabriel. Agus mengatkan dirinya telah menerima nota diplomatik yang menyatakan tim verifikasi Arab Saudi telah menentukan siapa saja yang mendapat santunan dari Raja Salman Abdulaziz Al-Saud.

“Karena sifatnya sangat segera, maka kita akan lakukan sangat segera juga. Alhamadulillah, kabar gembira itu langsung saya sampaikan di sini. Sejak saya datang, selalu melakukan diplomasi terkait masalah ini,” kata Agus seperti dikutip dari laman resmi Kementrian Agama, Senin malam, 28 Agustus 2017   

Seperti diketahui insiden jatuhnya crane di Masjidil Haram terjadi pada Jumat, 11 September 2015, pada saat musim haji 1436H/2015M. Akibat insiden ini, sejumlah jemaah haji wafat dan mengalami luka, termasuk jemaah haji asal Indonesia. Saat itu Pemerintah Arab Saudi menyatakan akan memberikan santunan kepada para korban.

(Baca: Musibah Masjidil Haram: Crane ambruk, 107 tewas)

Korban meninggal dan korban cacat akan menerima santunan sebesar 1juta SAR atau sekitar Rp3,5 miliar, sedang korban luka berat dan luka ringan akan mendapat santunan 500ribu SAR atau Rp1,75 miliar.

Agus mengatakan penetapan penerima dana santunan memang memakan waktu yang lama, hingga dua tahun setelah kejadian. Hal ini lantaran banyaknya nama yang sebenarnya bukan korban crane turut meminta santunan. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!