Indonesia

Berita hari ini: Minggu, 12 Februari 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 12 Februari 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 12 Februari 2017.

Istri Wapres Jusuf Kalla rayakan ulang tahun ke-74 dengan sederhana 

Wakil Presiden Jusuf Kalla merayakan ulang tahun istrinya, Mufidah, dengan sederhana di kediaman dinas, pada Minggu. Perayaan ulang tahun Mufidah yang ke-74 hanya dihadiri oleh keluarga Kalla dan dirayakan dengan nasi tumpeng.

“Selamat Ulang Tahun Ibu Mufidah Kalla,” kata Kalla melalui akun twitternya @Pak_JK .

Mufidah, yang merupakan seorang penggemar bunga anggrek, mendapatkan hadiah berupa nasi tumpeng dan kue ulang tahun yang di atasnya terdapat pola anggrek. 

Tahun ini juga merupakan usia pernikahan keduanya yang memasuki 50 tahun.

Masa tenang Pilkada DKI, Bawaslu minta paslon tutup medsos kampanye

Sejumlah atribut kampanye cagub dan cawagub DKI Jakarta masih terpasang di ruang publik pada hari pertama minggu tenang kampanye, pada 12 Februari 2017. Foto oleh Rosa Panggabean/Antara

Proses Pilkada DKI 2017 mulai hari ini, Minggu, 12 Februari, memasuki masa tenang setelah kampanye terakhir oleh setiap pasangan calon dilakukan pada Sabtu. Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta mengimbau agar seluruh kegiatan kampanye dihentikan termasuk lewat media sosial (medsos).

“Ya, masa tenang ini, semua kegiatan kampanye apapun tidak boleh. Kalaupun mereka ada media sosial, itu harus ditutup media sosialnya,” kata Komisioner Bawaslu DKI bidang Hukum dan Penindakan Muhammad Jufri. 

Berdasarkan penelusuran di laman Twitter, akun kampanye resmi milik pasangan nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang terdaftar di KPU dengan nama @agussylviDKI sudah tidak bisa diakses.

Demikian juga akun Twitter kampanye resmi milik pasangan nomor urut dua Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang sebelumnya menggunakan nama @AhokDjarot sudah tidak bisa dibuka halamannya.

Sedangkan akun Twitter milik tim kampanye pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, lewat akun @jktmajubersama masih bisa diakses hingga Minggu siang, namun cuitan terakhirnya dikeluarkan pada Sabtu pukul 22:08 WIB.

Jufri menegaskan jika ada pelanggaran kampanye di masa tenang, termasuk lewat media sosial sejumlah sanksi telah menanti seluruh pasangan calon peserta Pilkada DKI 2017. Selengkapnya di sini. 

Ratusan warga di Kudus mengungsi akibat banjir

 Anak-anak dengan menggunakan rakit batang pisang melewati jalan yang tergenang banjir di Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, pada 9 Februari 2017. Foto oleh Yusuf Nugroho/Antara

Ratusan warga dari dua kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mengungsi akibat banjir yang melanda daerah setempat. Korban banjir yang mengungsi di antaranya berasal dari Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, dan Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan.

Lokasi penampungan warga di Balai Desa Jati Wetan menampung 212 orang, sedangkan warga Desa Karangrowo di gedung pertemuan desa setempat menampung 206 orang.

Nur Khayati, salah satu pengungsi yang mengungsi di Balai Desa Jati Wetan mengakui, terpaksa mengungsi sejak Sabtu, 11 Februari karena air banjir mulai masuk rumah dengan ketinggian hingga 25 sentimeter, sedangkan di halaman bisa mencapai sepinggang orang dewasa. Selengkapnya di sini.

Ahok kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (kiri) menyerahkan laporan nota singkat kepada Gubernur Petahana Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta, pada 11 Februari 2017. Foto oleh Wahyu Putro A/Antara

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama kembali menjadi gubernur provinsi ibu kota pada Sabtu, 11 Februari, usai menjalani cuti 4 bulan untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Hal tersebut terlaksana saat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono melakukan serah terima jabatan kepada Ahok, gubernur petahana, di Balai Kota.

Serah terima tersebut dilakukan secara simbolis dengan penyerahan Laporan Nota Singkat Pelaksanaan Tugas dari Sumarsono kepada Ahok.

“Dengan hati ikhlas, saya mohon maaf apabila ada kesalahan. Selamat bertugas kembali, Pak Basuki dan Pak Djarot [Syaiful Hidayat, Wakil Gubernur DKI Jakarta],” kata Sumarsono.

Menurutnya, di dalam laporan yang diserahkan itu memuat tentang hasil-hasil pencapaiannya selama 3,5 bulan menjalankan tugas sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta. Selengkapnya di sini

Wartawan Metro TV laporkan dugaan penganiayaan liputan Aksi 112 ke Polisi

Suasana ratusan ribu umat Muslim mengikuti Aksi Bela Islam 112 di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta, pada 11 Februari 2017. Foto oleh Wahyu Putro A/Antara

Dua wartawan Metro TV melaporkan kepada Polres Metro Jakarta Pusat terkait pemukulan yang mereka alami saat meliput Aksi Bela Islam 112 di Masjid Istiqlal.

Kedua wartawan tersebut —Ucha Fernandez dan Desi Fitriani— melaporkan aksi pemukulan itu sesuai Laporan Polisi Nomor: 230/K/II/2017 Restro Jakpus tertanggal 11 Februari 2017. Selain mereka, seorang petugas keamanan bernama Yaudi juga melaporkan tindakan kekerasan yang menimpanya.

Ucha mengatakan, kejadian berawal ketika ia dan Desi serta Yaudi meliput Aksi 112 melalui pintu samping masjid menuju pintu Al Fatah 

“Desi menyuruh saya ditemani Yaudi mengambil gambar di dalam masjid,” ujar Ucha.

Ucha dan Yaudi hendak membuka sepatu untuk masuk dan mengambil dokumentasi di dalam masjid, namun terdengar teriakan “usir Metro” dari massa. Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!