Belum ada sponsor untuk Rio Haryanto

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Belum ada sponsor untuk Rio Haryanto
Besarnya dana dianggap sebagai kendala terbesar dalam pencarian sponsor yang dibutuhkan Rio Haryanto untuk tetap berlaga di Formula 1

JAKARTA, Indonesia — Pembalap Formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto, akan kembali melaju dalam mobil biru-oranye bersama tim Manor Racing di Sochi Autodrom, Rusia, pada Minggu, 1 Mei.

Namun, persoalan keuangan masih menyelimuti pembalap berusia 23 tahun tersebut.

Rio diberikan batas waktu hingga akhir Mei untuk melunasi sisa biaya sebesar 7 juta euro atau setara dengan lebih dari 100 miliar rupiah.

Jika tidak terpenuhi, nasib Rio di F1 sepenuhnya berada di tangan Manor Racing.

“Kalau tidak terpenuhi, ya itu tergantung Manor. Tapi kami masih tetap berharap agar Rio bisa ikut full season,” ujar ibunda Rio, Indah Pennywati, kepada Rappler, Kamis malam, 28 April.

Menurut Indah, besarnya dana yang dibutuhkan menjadi kendala terbesar bagi manajemen untuk mendapatkan sponsor.

“Belum (ada sponsor). Kendalanya, besarnya nilai sponsor,” tulis Indah dalam pesan singkat kepada Rappler.

Upaya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggalang dana lewat SMS dan transfer bank pun sepertinya belum membuahkan hasil yang maksimal.

“Untuk pendanaan lewat SMS dan transfer ke bank memang saat ini belum banyak, tapi ini adalah bentuk kepedulian masyarakat yang diprakarsai oleh pemerintah,” kata Indah.

Ia berharap para operator seluler dapat membantu mengirimkan SMS blast kepada pelanggannya, agar semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk membantu.

“Operator-operator selular belum mem-blast ke seluruh pelanggan. Semoga saja segera dilakukan upaya tersebut. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu Rio,” ujarnya.

Bahkan, Deputi IV bidang peningkatan prestasi olahraga Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, menilai upaya penggalangan dana melalui SMS kurang efektif. Karena menurutnya, pengguna SMS saat ini mulai berkurang.

“SMS dahulu banyak penggunanya. Kalau sekarang, mungkin kurang efektif,” ujar Gatot.

Sementara sang pembalap sendiri mengaku tidak terlalu ikut campur masalah dana tersebut.

“Saya di sini cukup fokus pada pekerjaan saya, fokus pada balapan,” kata Rio dalam wawancara bersama saluran olahraga Inggris, Sky Sports F1, yang disiarkan langsung lewat Facebook Live pada Jumat, 29 April.

Berdasarkan data yang dimiliki manajemen Rio, mereka telah menyetor sebesar 8 juta Euro atau setara Rp 120 miliar ke Manor Racing. Angka itu terdiri dari 5 juta Euro diberikan oleh PT Pertamina selaku sponsor dan 3 juta Euro yang dikeluarkan dari dana keluarga pembalap berusia 23 tahun itu.

Tim asal London itu meminta mahar senilai 15 juta Euro yang akan digunakan untuk membeli dan mengembangkan mesin Mercedes yang dipakai Manor Racing. Sementara, hingga saat ini manajemen Rio masih belum bisa melunasi sisa setoran dana sponsor tersebut.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!