Mixed Martial Arts

Sayap pesawat Wings Air menyenggol Lion Air di Bandara Kualanamu

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sayap pesawat Wings Air menyenggol Lion Air di Bandara Kualanamu
Tidak ada penumpang yang menjadi korban jiwa dalam peristiwa tersebut

JAKARTA, Indonesia – Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 197 pada Kamis, 3 Agustus mengalami tabrakan di bagian sayap dengan pesawat Wings Air di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Peristiwa itu diduga terjadi ketika maskapai Lion Air tujuan Banda Aceh menuju ke Medan akan mendarat sekitar pukul 11:10 WIB.

Sementara, maskapai Wings Air dengan tujuan Medan ke Melabo diduga tengah siap untuk melakukan penerbangan. Dari foto yang beredar di media sosial, kondisi sayap kedua pesawat terlihat cukup parah.

Salah satunya diunggah oleh pengamat penerbangan Gerry Soejatman. Kepada Rappler, Gerry mengaku memperoleh foto itu dari komunitas penerbangan. 


Manajer humas Lion Air, Andy M. Saladin yang dikonfirmasi peristiwa itu membenarkannya. Ia mengatakan dalam peristiwa itu tidak ada satu pun penumpang yang mengalami luka.

“Seluruh penumpang dipastikan selamat. Saat ini, kedua pesawat tersebut sudah berada di apron sehingga tidak menganggu operasional Bandara Internasional Kualanamu,” ujar Andy melalui keterangan tertulis pada siang ini.

Ia mengaku lebih memilih untuk menunggu hasil penyelidikan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebelum mengatakan kepada publik penyebab dari peristiwa itu.

“Seharusnya, tim KNKT sudah tiba di bandara saat ini,” katanya lagi.

Ia menjelaskan total penumpang Wings Air IW 1252 mencapai 66 orang. Mereka akan diberikan kebijakan full refund di tempat atau penjadwalan ulang.

Sementara, penumpang Lion Air JT 197 mengangkut 144 penumpang akan diterbangkan menggunakan maskapai lain di Lion Group, entah Batik Air atau Lion Air di jadwal berikutnya pada hari ini.

Peristiwa tabrakan serupa juga pernah terjadi pada 4 April 2016 ketika pesawat maskapai Batik Air menabrak pesawat di Trans Nusa di Bandara Halim Perdanakusuma. Kondisi pesawat kedua maskapai ketika sama-sama mengalami kerusakan yang cukup parah. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!