#PHVote

Rupiah hari ini: Menguat ke level Rp 13.844 per dolar AS

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah hari ini: Menguat ke level Rp 13.844 per dolar AS
Menurut analis, pelemahan yang dialami dolar AS terhadap mayoritas mata uang global, menjaga rupiah untuk bergerak di area positif meski cenderung terbatas

JAKARTA, Indonesia — Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dibuka menguat pada awal pekan ini, ke level Rp 13.844 dari Rp 13.874 per dolar AS pada penutupan akhir pekan lalu. 

Demikian berdasarkan data kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate Bank Indonesia pada hari ini, Senin, 25 Januari.


Menurut analis, pelemahan yang dialami dolar AS terhadap mayoritas mata uang global, menjaga rupiah untuk bergerak di area positif meski cenderung terbatas. Terlebih harga minyak dunia juga mulai bergerak naik. 

“Harga minyak mentah dunia yang cenderung menguat menopang mata uang di negara-negara berkembang, termasuk rupiah,” kata Analis LBP Enterprise Lucky Bayu Purnomo di Jakarta, Senin. 

Kendati demikian, Lucky mengingatkan pelaku pasar uang untuk tetap waspada dalam mengambil aset di negara berkembang mengingat perekonomian di AS cenderung terus mengalami perbaikan.

“Kondisi ekonomi AS yang membaik dapat mendorong dana investasi masuk ke Negeri Paman Sam melalui dolar AS yang akhirnya berpotensi menahan laju nilai tukar di negara-negara berkembang, termasuk rupiah,” ujarnya. 

Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!