#PHVote

7 WNI meninggal dalam musibah di Masjidil Haram

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

7 WNI meninggal dalam musibah di Masjidil Haram
"Kami memastikan bahwa 4 jamaah haji Indonesia yang selama ini dikabarkan meninggal, di luar 2 nama yang sudah resmi dipublikasikan oleh Daker Makkah, adalah benar telah meninggal."

 

MEKAH, Arab Saudi (UPDATED) —Tujuh warga negara Indonesia meninggal dunia dalam musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram, Arab Saudi.

Ini dipastikan setelah Tim Daerah Kerja Mekah Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) selesai melakukan verifikasi pada Minggu, 12 September. 

“Tim Daker Makkah telah melakukan proses verifikasi dari Sabtu pagi sampai Minggu dini hari (pukul 02.30 waktu Arab Saudi) dengan melibatkan unsur kesehatan dan perlindungan jamaah,” kata Kepala Daker PPIH Mekah, Arsyad Hidayat, dalam konferensi pers Minggu pagi, 13 September 2015. 

“Hasilnya, kami memastikan bahwa  4 jamaah haji Indonesia yang selama ini dikabarkan meninggal, di luar 2 nama yang sudah resmi dipublikasikan oleh Daker Makkah, adalah benar telah meninggal.  Selain keempat jenazah tersebut, kami juga telah memastikan keberadaan satu jenazah lagi, yaitu atas nama Adang Joppy Lili No. Paspor B 1197332 Kloter JKS 16. Dengan demikian  jamaah haji yang telah kami pastikan meninggal berjumlah 7 orang.”

Menurut Arsyad, ada 7 saksi dari tim Daker PPIH Mekah yang menyaksikan keempat jenazah di pemulasaran jenazah di Almuaisim. 

“Sebagian anggota keluarga almarhum telah berhasil kami hubungi,” kata Arsyad. “Kami telah berkomunikasi langsung dengan mereka. Sebagian yang lain belum berhasil kami hubungi karena keterbatasan akses kepada keluarga.”

“Untuk itu, kami berharap keluarga sedang menonton konferensi pers ini sehingga mendapatkan kepastian tentang kondisi keluarganya.”

Inilah nama-nama korban yang meninggal dunia:

  1. Iti Rasti Darmini, nomor paspor B0716645, kloter JKS – 023.
  2. Masnauli Sijuadil Hasibuan, nomor paspor B1061545, kloter MES – 009.
  3. Painem Dalio Badullah No Paspor B 1258831 Kloter MES 8
  4. Saparini Baharuddin Abdullah No Paspor B 1258832 Kloter MES 8
  5. Nurhayati Rasad Usman No Paspor B 0393770 Kloter PDG 4
  6. Ferry Mauludin Arifin No Paspor A 9464489 Kloter JKS 12
  7. Adang Joppy Lili No. Paspor B 1197332 Kloter JKS 16. 

Tujuh orang di atas meninggal dan puluhan terluka setelah sebuah crane jatuh menimpa jemaah haji yang sedang berada di Masjidil Haram, Mekah, Jumat sore, 11 September. Para jemaah sedang bersiap-siap menjalankan salat maghrib.  

Sebagian korban terluka sudah pulang

Arsyad mengatakan bahwa sebagian korban terluka yang dirawat di 5 rumah sakit telah kembali ke pemondokan masing-masing.

“Kondisinya adalah 10 jemaah yang sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit, dan sudah kembali ke pemondokan masing-masing. Sementara 30 jemaah masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi, dan satu orang masih dirawat di BPHI Mekkah.”

Berikut adalah daftar jemaah haji Indonesia yang wafat dan/atau terluka per Minggu pagi, 13 September.

 

—Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI